Debat Kandidat Pilkada Mentawai Digelar Dua Kali

2017-01-09 14:04:06     -     Afnilmahfuzi   |     View : 115
  No Image

Mentawai, (Antara Sumbar) - Debat kandidat peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat akan dilaksanakan sebanyak dua kali.
 
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Mentawai Laurensius Sarogdok, di Tuapejat, Senin, menyebutkan jadwal debat pertama akan dilaksanakan pada Sabtu(14/1) dan jadwal debat kedua pada 2 Februari 2017.
 
"Lokasi pelaksanaan debat, tahap pertama dilaksanakan di Hotel Grand Viona Tuapejat, sedangkan tahap kedua masih kami bahas," kata Laurensius lagi.
 
Ia menjelaskan, teknis pelaksanaan kegiatan tersebut, pihaknya akan membatasi jumlah pengunjung atau massa pendukung pasangan calon yang masuk dalam ruang debat.
 
"Artinya, masing-masing pasangan calon hanya diizinkan membawa massa pendukung sebanyak 50 orang dengan menggunakan identitas diri, dan dilarang membawa atribut atau alat peraga kampanye yang besar," katanya lagi.
 
Terkait dengan panelis yang akan ditunjuk dalam debat kandidat tersebut, Laurensius mengungkapkan KPU Mentawai sudah menetapkan tiga orang akademisi, yaitu satu dari Universitas Andalas dan dua lainnya dari Universitas Bung Hatta Padang.
 
"Salah seorang dari tiga panelis itu nantinya juga langsung menjadi moderator dari debat kandidat tersebut," katanya.
 
Menyinggung tentang materi yang akan dibahas dalam kegiatan itu, Laurensius mengatakan, debat kandidat tahap pertama akan membedah visi misi masing-masing pasangan calon dan pembangunan di Kabupaten Kepulauan Mentawai.
 
"Dalam debat tersebut masing-masing panelis diberikan kesempatan untuk bertanya sesuai dengan disiplin ilmunya dan terkait dengan Mentawai," katanya pula.
 
Ia menambahkan durasi debat kandidat tahap pertama dijadwalkan berlangsung selama tiga jam, dimulai pada pukul 08.00 WIB.
 
Penjabat Bupati Kepulauan Mentawai Syafrizal optimistis acara debat kandidat akan berjalan dengan lancar, dan harus mendapat perhatian dari masyarakat agar mengetahui visi misi masing-masing pasangan calon.
 
"Debat kandidat ini salah satu dari tahapan pilkada, dan kegiatan ini sangat penting untuk membedah visi misi setiap pasangan calon," katanya lagi.
 
Pilkada di Kabupaten Kepulauan Mentawai diikuti dua pasangan calon, yaitu pasangan nomor urut satu, yakni Yudas Sabaggalet-Kortnius Sabeleakek yang diusung PDI-P, NasDem, Golkar, Gerindra, PAN, PBB, PKS, dan Perindo.
 
Sedangkan pasangan nomor urut dua, yakni Rijel Samoloisa-Binsar Saleleubaja yang diusung oleh Partai Hanura dan Demokrat.




© 2016 Website JDIH
Provinsi Sumatera Barat. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum
Konsultan IT - Team eGovernment Provinsi Sumatera Barat